Manusia Nyamuk


Malam ini gua lagi asik-asik baca buku dan tiba-tiba konsentrasi gua terganggu dengan rasa gatal. Rasa gatal ini sejenak membuat mata gua melirik ke wilayah yang gatal dan ternyata rasa gatal itu berasal dari sebiji nyamuk yang lagi asik-asiknya menyedot darah gua.

Tak disangka wilayah yang gatal itu sudah bengkak, dan nyamuk itu tak sempat gua bunuh di situ kadang gua merasa sedih. Akhirnya gua memutuskan untuk menutup buku bacaan gua dan sedikit merenung tentang kejadian ini dan inilah hasil renungan gua terhadap nyamuk itu. Selamat membaca.

Begitulah nyamuk, mereka menggigit tanpa disadari, tau-tau pas sadar eh udah bengkak. Sekali lagi disitu kadang gua merasa sedih. Hal ini menurut gua serupa dengan para manusia yang terlihat peduli padahal hanyalah seorang penggosip. Dan darah yang dihisap tidak lain dan tidak bukan adalah aib-aib atau rahasia kita.

Para manusia yang suka kepo inilah yang gua namain dengan manusia nyamuk. Imam Ali bin Abi Thalib berkata bahwa : “ Rahasiamu adalah darahmu (nyawamu), maka janganlah engkau mengalirkannya (mempercayakannya) kecuali pada urat lehermu (orang terdekatmu)”. nah dari perkataan beliau ini, gua menjadikan nyamuk sebagai analoginya.

Membiarkan sebiji nyamuk bisa santai dan enak-enakan menghisap darah kita, tentu saja dapat membahayakan nyawa kita. Begitu pula jika kita membiarkan manusia nyamuk terus-terus kepo dan sok peduli dengan semua masalah kita. Saat itulah keselamatan jiwa kita bisa saja terancam. Karena manusia nyamuk itu hanya mengejar kepuasaan tentang informasi kita lalu kemudian menjadikannya bahan gosipan.

Mereka mungkin saja terlihat peduli dengan masalah yang kita alami padahal sebetulnya tidak seperti itu. Berhati-hatilah terhadap manusia nyamuk. Mereka bisa terlihat imut padahal amit-amit. Sangat mudah mendeteksi mereka, gua pribadi pernah menguji orang yang gua indikasi sebagai manusia nyamuk dengan membongkar rahasia gua yang gua anggap tidak penting. Benar saja kurang dari 3 jam informasi itu sudah dia sampaikan kepada orang lain :D.

Lalu bagaimana menanggapi manusia nyamuk ini? Kita tak perlu repot-repot membeli pembasmi nyamuk, karena orang itu bisa mati. Cukuplah pake lotion anti nyamuk yang membuat diri kita kebal dari gigitan dan rasa hausnya akan darah (rahasia) kita.

Sebagai penguatan berikut beberapa perkataan Imam Ali Bin Abi Thalib menyangkut Rahasia:

1. Boleh saja engkau memiliki banyak sahabat, tetapi hendaklah engkau mempercayakan rahasiamu kepada seorang saja di antara mereka.

2. Janganlah engkau meletakkan rahasiamu kepada orang yang menurutmu tidak dapat dipercaya untuk menyimpan rahasia.

3. Barangsiapa yang menyembunyikan rahasianya, maka pilihan ada di tangannya.

4. Tidak semua rahasia boleh engkau buka (kepada orang lain), dan tidak semua yang engkau ketahui boleh engkau beritahukan kepada orang lain.

5. Percayakanlah rahasiamu hanya kepada satu orang saja, sedangkan musyawarahmu kepada seribu orang (orang banyak).

Sekian dari gua yang saat ini lagi bersedih akibat digigit nyamuk. Semoga bermanfaat :D

Jaa Nee~

4 komentar