Andai Tidak Ada

Andai tidak ada beras.. Andai tidak ada motor.. andai gw tidak punya kaka yang ganteng.. andai tidak ada manusia di samping gw. andai hamster gw gak mati.. andai gw gak punya uang.. andai gw gak perlu bayar kos.. andai gw tak tampan.. andai gw lahir kembar tiga.. andai bapak ibu gw presiden.. andai motor gw ninja. andai gw bisa berhenti merokok.. andai uang jajan gw sejuta seminggu..

Entah akan ada berapa juta andai lagi yang bisa kepikir oleh satu biji otak manusia. Dan pastinya di setiap kata andai akan selalu tak sesuai dengan kenyataan. kenapa? karna kata andai muncul akibat kenyataan yang tak sesuai harapan. Ketika gw bangun dan ternyata wajah gw suram. gw berandai "andaikan wajah gw secerah Kim Bum". ketika gw mau makan dan ternyata gak ada nasi gw berandai "andaikan nasinya Donny mau diberikan ke gw".

Andai tidak ada...



Kalimat ini sebetulnya lebih mengarah kepada bentuk pengeluhan manusia ketidak dia berandai mengenai tidak adanya masalah,, maka dia sedang mengeluhkan tentang masalahnya. Namun inti dari pembahsan gak jelas gw pada kali ini adalah mengenai Tidak adanya Andai. Coba sekarang Loe semua berandai bahwa Kata Andai itu tidak ada. jadinya gini "Andai gak ada kata Andai" yang simplenya gw jadiin judul tulisan ini "Andai Tidak Ada"

Coba skrng loe bayangin ketika apapun yang terjadi dalam hidup loe, loe gak bakal ngeluh dengan kata "Andai". Pasti hidup loe bahagia dunia Akhirat :D. bukankah sebaik-baik manusia adalah yang pandai bersyukur (masang muka ustad).

Andai itu berbeda dengan Harapan. Harapan itu wajib ada kepada setiap diri manusia karna itu membuktikan bahwa kita tak berputus Asa. berbeda dengan Kata Andai yang seolah mengisyaratkan bahwa kita sebagai Makhluk Mamalia level tertinggi tidak mampu berusaha lebih. nah gimana dengan orang yang berharap dengan kata Andai? gw dengan simple menjawab itu bukan harapan. karena harapan itu lebih seperti Spirit dalam hidup.

yang mau gw tekankan disini adalah yang namanya suatu hari ,, jika besok,, apabila .. andai saja.. dan semua kalimat pengandaian lainnya itu tidak ada. yang ada hanyalah hari ini. hiduplah dalam ke tidak pastian hari esok namun pastikan hari ini kalian mampu berbuat.

Jaa Nee~

0 komentar