Lulabi VS Lubabi

Pernah ingat gak dulu kite-kite sering di nyanyiin lagu ninabobo/lulabi? Yup sebelum musick rock , jazz, R & B, pop , dangdut, bahkan boyband n girlband (yang lagi heboh-hebohnya nih) meledak dimana-mana, “Lulabi”-lah yang lebih dulu dipopulerkan ke telinga kite-kite. Palagi singernya tak ada duanya yaitu nyak babe kite sendiri. Wuiih terasa damai dah hidup ini.

Tetapi ketika Negara api menyerang, semuanya berubah (prolog avatar nih). Kite yang sekarang udah gedean gak lagi mendengar hits-hits dari nyak babe kite berupa lagu ninabobo. Sekarang ketike kite yang di anggap dah gede malah dimaki kalo salah. “Dasar Lu Babi!” begitu bunyinya lulabi yang dulu telah berubah menjadi lubabi!. Padahal kalo kite-kite dikatain Babi Trus nyak? (kalian yang jawab yee bukan gw).

Entah kenapa orang tua cenderung berpikir bahwa dengan bentakan anaknya bisa maju dan mandiri (pengaruh sempat ngerasain penjajahan kali ye?) wah, kan kasihan juga kalo dibentak-bentak mulu, giliran berbuat baik mah pujiannya dikit amat, sungguh “Terrrlllallu” (di sebut dengan logat bang haji). Sebenarnya didikan keras juga ada efek baiknya, salah satunya biar anak-anak pada gak jadi “Boyband” (wakakka, sebenarnya penulis pengen nulis kata “Manja”). Di jaman sekarang mah anak manja tuh cepet banget kelindas truk.

Tapi jika dikerasin mulu mah bisa-bisa jadi telinga besi, mata aspal dan gigit lidah dah (tiga nama preman ternama di kampung sini). Yah begitulah setiap hal punya dua sisi yang tak terpisahkan bagaikan sebuah koin. Ada baik ada buruknya, so kalo begitu (ngikutin gaya pak Mario teguh) . sekarang sebaiknya orang tua haruslah mengerti bahwa dalam mendidik anak, lulabi (yang mewakili kasih saying) dan lubabi (yang mewakili kekerasan) haruslah di seimbangkan.

Jaa Nee~

0 komentar