Membaca Dapat meningkatkan Kualitas Hidup,, PERCAYALAH!


Yang pernah nongkrong di toko buku gramedia pasti pernah mendengar slogan mereka yakni “Membaca dapat meningkatkan kualitas hidup”. Slogan mereka memang seratus persen benar. Entah slogan itu lahir dari pemikiran pihak gramedia secara orisinil ataukah mengutip sebuah Firman dalam kitab suci yang berbunyi “Bacalah”. Yang pasti membaca itu adalah awal dari segalanya.

Kita takkan pernah tahu siapa budi, siapa ayah budi, siapa ibu budi, kalau kita tak belajar cara membaca. Kalau saja kita buta huruf, kita bukan hanya akan bodoh secara akal tapi juga mental. Bersyukurlah kalian yang bisa merasakan pendidikan sehingga tak jadi orang yang buta huruf.
Tapi sayang seribu sayang banyak dari kaum pemuda sekarang yang kurang memiliki minat dalam mebaca. Padahal para pengemis yang buta itu sangat ingin memiliki mata yang sempurna untuk melihat deretan huruf yang menjadi kata.

Meningkatnya aktivitas remaja alay bisa dipastikan karena mereka tak menaruh minat pada membaca. Demikian juga yang terjadi pada remaja ababil yang suka mengutuk kehidupan ini sudah dipastikan mereka juga tak menaruh minat pada membaca.

Gua mengutip sebuah buku yang berjudul the art of creative thinking, disitu dikatakan bahwa “salah satu cara agar otak tidak sibuk memikirkan masalah adalah dengan membaca” itu artinya ketika membaca otak kita yang dihujani berbagai masalah hidup sedang menjalani rekreasi untuk mengurangi beban didalamnya.

Lantas apakah membaca memang benar dapat meningkatkan kualitas hidup? kambing saja pasti akan menjawab ia. Orang sukses mana yang tidak menjadikan bacaan sebagai salah satu high priority dalam hidupnya?

Tak perlulah berpikiran yang terlalu muluk-muluk tentang membaca. Toh berbagai buku dari yang isinya barisan semut semua, sampai yang ada gambarnya sudah tersedia dimana-mana. Berbagai topik dari cara melihara dan mengembangbiakan hewan sampai merawat biji (tanaman) juga sudah ada. Entah bacaan apapun itu bacalah! Tapi ingat selalu pakai akal sebagai filter dari setiap bacaan.

Mengapa membaca? Dengarkan kata-kata gua ini baik-baik, dari awalnya membaca kata, kita bisa membaca suasana. Dari membaca, kita bisa mendapatkan informasi untuk menguasai situasi yang akhirnya bisa melahirkan solusi. Dari membaca, kita bisa berkaca. Dan terakhir dari gua membaca dapat membawa kita menuju pencerahan (pengalaman pribadi sewaktu keluar dari jaman Alayliah dulu).

Jaa Nee~

0 komentar