Pantaskah Mengeluh?


 Hey kali ini gw nulis artikel yang berbau serius nih, jadi buka hatimu buat aku ya? Hahaha.
Jadi inspirasi gw kali ini adalah orang-orang yang masih belum kaya (bahasa lain dari miskin) di sekitar gw dan hampir tiap hari gw pelototin mah gak pernah berubah hidupnya.

Gw sih gak bilang itu takdir mereka buat dilahirin kurang mampu, bisa jadi juga Tuhan pengen buat orang-orang yang hatinya belum kebuka. Dan gw juga yakin Tuhan punya segudang hikmah di setiap penciptaan makhluk-makhluknya (masang muka bijak).

Tengdeng, oke gw mulai cerita gw kali ini.

*spot pertama

 Penggali Parit

Spot pertama gw dalam misi kemanusiaan kali ini (kali ini masang muka licik) adalah politeknik. Sebenarnya sih tujuan awal gw mau hunting di desa Pandu, tapi karena gw kesana lewat Politeknik jadi dipertemukanlah gw dengan para penggali parit ini. Sekilas pekerjaan ini memang udah banyak di geluti oleh para ‘kaum kurang mampu’.

Dan sepertinya ini udah bisa di bilang cukup oleh ‘sesama’ mereka. Namun ternyata upah mereka tak seberapa hanya sekitaran 10-20 ribuan per hari. Sungguh gak sebanding dengan berliter-liter keringat yang bisa bikin mereka dehidrasi dan mati ditempat. Jika dibandingkan dengan kite-kite (gak semua ye , tolak ukurnya sih gw pribadi jadi gw gak meng-Generalisasikan semuanya) yang tiap hari kerjanya pergi ke kampus, duduk-duduk, melototin dosen (terkadang Paha dosen kalo dosennya cewek) dan dapet uang jajan 25 rebu, jelas gak sebanding lah ama para penggali parit ini, sungguh terlalu (niruin suara bang haji namun karena lagi batuk, jadi lebih mirip suara kucing ketiban boyband).
Hum, riskan hati gw dah.

*Spot kedua
Dengan ngucapin Alhamdulillah, perjalanan gw lanjutin kali ini gw menuju desa Pandu dan berhenti sejenak di Bengkol. Dan ini yang gw temuin

 Rumah seorang warga

Hey ni bukan kandang sapi lho, iye serius! ini adalah rumah salah seorang warga di desa Bengkol. Kondisinya mnta ampun dah. Belum lagi kalo air di sungai samping rumah ini meluap, gak kebayang jadi apa seisi rumah tuh. Home sweet home! Dengan perasaan yang masih bersyukur, orang rumah ini tetep nyebut ruma ini home sweet home.

Kalo di bandingkan dengan kite-kite, yang rumahnya mungkn udah sesek (dengan perabotan kelas atas) gak bisa dijelasin dah gimana perbandingannya. Puji Tuhan, kta masih lebih beruntung ternyata.

*Spot ketiga
Oke lanjut, kali ini spot ketiga gw yakni sebuah Masjid, yup masjid yang berada di desa Pandu. Nih mesjidnye.

 Mesjid Pandu

Gw singgah bentar di Mesjid ini, dan kondisinya lumayan parah, dan tempat wudhu-nye hanya cukup untuk 3 orang nih pemandangan yang agak merisaukan itu.


*Spot Keempat

Dan dengan sedikit meneteskan air mata, gw lanjutin ke spot berikutnya. Kebetulan dekat desa ini ada sebuat tempat pembuangan akhir (TPA) sampah, gw yang biasanya kalo membuang sampah di rumah harus pake Gas-mask, dan tas plastik (buat jadiin sarung tangan) merasa begitu terharu ketika melihat kehidupan sehari-hari masyarakat disekitar TPA.

 Bagi mereka sampah adalah anugerah

Huaaa,, Tisuuu mana tisuu,, :’(. Tak terkira selama ini gw hidup jauh lebih seneng daripada mereka. Tidakkkkk >.<

*Spot Kelima

Gw pernah punya uang seribu rupiah trus gw sobek, karna gw pikir gak berguna gitu (adegan kali ini sengaja di dramatisir). Dan ternyata bagi mereka seribu perak ntuh berguna banget.

 Bang Bagi seribunya bang

*Outro

Yap, kira-kira itulah sederet cerita yang bisa gw share about orang-orang yang tak seberuntung kita-kita. Sebetulnya masih ada sederet foto laen namun, biar gak kepanjangan artikel nih, dah gw rangkum dalam sebuah pilem singkat. Semoga bermanfaat

Ni pilemnya




Jaa Nee~

9 komentar